iklan banner

Konfigurasi Gammu di Ubuntu 12.04


Konfigurasi Gammu di Ubuntu 12.04


Hari ini saya mencoba berbagai cara untuk menjalankan gammu sebagai server sms gateway yang akan saya gunakan sebagai salah satu fitur dari tugas akhir saya. Beberapa kendala muncul ketika saya melakukan konfigurasi dan menjalankan sms gateway nya. Nah, dalam postingan saya kali ini saya akan mencoba mengulas beberapa yang harus diperhatikan dalam menggunakan gammu di Ubuntu.

Pertama yang perlu kita perhatikan adalah versi dari gammu kita dan bagaimana kita menginstallnya di komputer kita. Apakah kita melakukan instalasi melalui Repository ubuntu atau dengan file gammu yang telah kita download dari website resminya. Untuk kali ini saya menggunakan repository dari ubuntu.

sudo apt-get install gammu
sudo apt-get install gammu-smsd

Setelah gammu berhasil di install, saya kemudian mencoba untuk melakukan konfigurasi dengan mendeteksi terlebih dahulu modem yang saya gunakan, dikenali di port berapa. Kalo di ubuntu biasanya di /dev/ttyUSBx.
Untuk mendeteksi, ketikkan perintah berikut pada terminal :

lsusb & wvdialconf

Dari perintah itulah saya mendapatkan port modem saya dikenali oleh gammu. Port modem saya berada pada /dev/ttyUSB2.

Selanjutnya, kita harus melakukan konfigurasi pada gammu agar dapat berkomunikasi dengan modem kita. Caranya sebagai berikut :
Ketikkan perintah : gammu-config
Kemudian isikan seperti berikut (sesuai dengan portnya):
┌───────────────────────
 │ Current Gammu configuration
 │
 │  P Port                 (/dev/ttyUSB2)
 │  C Connection           (at115200)
 │  M Model                ()
 │  D Synchronize time     (yes)
 │  F Log file             (/etc/gammu)
 │  O Log format           (textall)
 │  L Use locking          ()
 │  G Gammu localisation   ()
 │  H Help
 │  S Save
 │
 │
 │                    
 │
 └───────────────────────
Setelah itu simpan dan kemudian kita harus mengkonfigurasi file gammu-smsdrc. Caranya ketikkan perintah berikut di terminal :

sudo gedit /etc/gammu-smsdrc

anda dapat melakukan konfigurasi disini yang berkaitan dengan port sampai dengan koneksi ke database. Berikut isi dari file gammu-smsdrc saya.

# Configuration file for Gammu SMS Daemon

# Gammu library configuration, see gammurc(5)
[gammu]
# Please configure this!
port = /dev/ttyUSB2
connection = at115200
# Debugging
#logformat = textall

# SMSD configuration, see gammu-smsdrc(5)
[smsd]
service = sql
logfile = /var/log/smsdlog
driver = native_mysql
DeliveryReport = sms
# Increase for debugging information
debuglevel = 1
checksecurity =0
phoneid = UbuntuPhone
user = root
password =
pc = localhost
database = helpdesk

# Paths where messages are stored
inboxpath = /var/spool/gammu/inbox/
outboxpath = /var/spool/gammu/outbox/
sentsmspath = /var/spool/gammu/sent/
errorsmspath = /var/spool/gammu/error/

Setelah semuanya selesai, anda dapat melakukan pengecekan apakah modem sudah dapat berkomunikasi atau belum dengan cara mengetik perintah berikut di terminal :
sudo gammu –identify
Jika berhasil maka akan muncul seperti berikut :
Device  : /dev/ttyUSB2
 Manufacturer         : Huawei, Inc.
 Model                : unknown (MC8781)
 Firmware             : F1_0_0_4CAP C:/WS/FW/F1_0_0_4CAP/MSM7200R3/SRC/AMSS 2007/09/25 18:39:23
 IMEI                 : 356685013198591
 SIM IMSI             : 510014010262841
Setelah semuanya berhasil, anda dapat mengecek mengirim sms ke nomer lain dengan perintah berikut :
sudo echo "testing dengan gammu coy!!!" |sudo gammu --sendsms TEXT nomorAnda
Jika pesan terkirim berarti gammu anda berhasil. Untuk dapat berkomunikasi dengan database atau aplikasi website anda, maka perlu diperhatikan log file yang sangat penting menurut saya, karena disitu terletak beberapa error atau warning dari gammu kita. Untuk menjalankan gammu sebagai service di ubuntu anda dapat mengetikkan perintah berikut :
sudo /etc/init.d/gammu-smsd start
kemudian coba cek file log nya apakah berhasil atau tidak dengan cara :
cat /var/log/smsdlog
Ketika saya mencoba melakukan untuk pertama kali terdapat beberapa error. Berikut error yang saya temui dan cara mengatasinya :
Can’t connect to local MySQL server through socket ‘/var/run/mysqld/mysqld.sock’ (2)
Cara mengatasinya adalah sebagai berikut :
sudo mkdir /var/run/mysqld
sudo ln -s /opt/lampp/var/mysql/mysql.sock /var/run/mysqld/mysqld.sock
Jika terjadi error seperti ini :
mysql service is deprecated. Please use SQL service with correct driver.
Lakukan langkah berikut :
Edit /etc/smsdrc menjadi (caranya : sudo gedit /etc/smsdrc)
[gammu]
port = /dev/ttyUSB0
connection = at115200
[smsd]
service = sql
driver = native_mysql
DeliveryReport = sms
logfile = /etc/smsdlog
debuglevel = 1
commtimeout = 1
sendtimeout = 10
user = root
password =
pc = localhost
database = smssaya

Sekian postingan saya kali ini semoga bermanfaat dan dapat mengingatkan saya ketika saya melakukan konfigurasi lagi :D

Catatan : Perlu diingat, untuk database gammu dapat kita dapatkan di /usr/share/doc/gammu/examples/sql/mysql.sql.gz. Usahakan menggunakan database dari situ karena sesuai dengan versi gammu kita, jika kita mendapatkan database dari sumber lain usahakan mempunyai versi yang sama.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Konfigurasi Gammu di Ubuntu 12.04"

  1. Tulisannya bagus dan membantu, namun ada sedikit koreksi untuk pengecekan perintah yang tertulis di postingan ini sudo gammu –identify padahal seharusnya tanpa tanda strip.
    Demikian semoga bermanfaat.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, komentar yang tidak sopan, mengandung SARA dan saling menghujat tidak akan diterima :D