iklan banner

.Net Framework



.NET Framework merupakan sebuah komponen yang digunakan sebagai landasan kerja bagi aplikasi-aplikasi .NET, dengan adanya .NET Framework ini maka berbagai macam aplikasi .NET dapat dijalankan. Pada dasarnya .NET Framework memiliki dua komponen utama, yaitu CLR (Common Language Runtime) dan .NET Framework Class Library.
Semua aplikasi yang kita buat menggunakan Visual Studio 2005 berjalan diatas .NET Framework, tanpa adanya .NET Framework yang ada dalam computer tentunya aplikasi tersebut tidak akan dapat berjalan. Ketika kita menjalankan suatu program .exe yang dibuat dengan bahasa .net, maka program tersebut tidak akan dapat dijalankan dan terjadi error apabila belum terdapat .NET Framework. Meskipun program tersebut berekstensi .exe yang merupakan suatu program yang dapat langsung dijalankan karena berisi bahasa mesin yang memerintahkan CPU melakukan tugas-tugas tertentu, namun ketika program tersebut dibuat dengan bahasa .NET maka tetap tidak akan berjalan.
Salah satu tugas dari .NET Framework adalah menerjemahkan perintah-perintah dalam bahasa IL (Intermediate Language) menjadi bahasa assembly yang bisa dijalankan pada CPU. Jadi dapat disimpulkan bahwa .NET Framework merupakan sebuah penghubung atau atau wadah antara aplikasi yang dibuat dengan .net dan system operasi windows.
.NET Framework mendukung lebih dari 20 bahasa pemrograman, diantaranya adalah VB.NET, C#, J#, C++, Pascal, Phyton (IronPhyton), PHP (PhLager), COBOL, Eiffel, Smalltalk, Perl, Phyton, ML, Pascal, Delphi dan lain sebagainya.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to ".Net Framework"

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, komentar yang tidak sopan, mengandung SARA dan saling menghujat tidak akan diterima :D