iklan banner

View Pada SQL

View merupakan suatu tabel logika yang dapat menyimpan hasil query dari suatu query. View bukan merupakan tabel, tetapi view dapat disebut sebagai tabel virtual karena view menyimpan hasil logika query dari tabel sebenarnya atau yang disebut tabel induk. View disimpan dalam bentuk pernyataan SELECT dalam data directory.

Kenapa menggunakan View...???
Keuntungan menggunakan view adalah :
  1. View dapat mempermudah kita dalam query data, karena data yang pada mulanya kompleks menjadi lebih sederhana. Misal ingin menampilkan nama karyawan yang beralamat di kota jakarta dengan ketentuan yang berstatus lajang saja, jika menggunakan subquery tentunya query tersebut akan panjang, namun dengan menggunakan view, kita hanya akan memanggil data dari view saja(View yang berisi daftar karyawan yang berstatus lajang).
  2. View dapat membatasi akses data karena didalam view hanya ditampilkan kolom-kolom yang dipilih saja dari suatu tabel induk.
  3. View berisi data independen dan view dapat me-review data dari beberapa tabel.
Dalam View dapat diklasifikasikan menjadi View Sederhana dan view kompleks. Perbedaan dari view sederhana dan view kompleks adalah :

View Sederhana :
  • Mendapatkan data hanya dari satu tabel.
  • Tidak berisi fungsi dan bukan merupakan kumpulan data-data
  • View ini dapat melakukan operasi DML melalui view
View Kompleks :
  • Dapat mendapatkan data lebih dari satu tabel
  • Berisi fungsi-fungsi dan merupakan kumpulan dari beberapa data
  • Dapat melakukan operasi DML melalui view.
Berikut contoh membuat suatu view :


CREATE VIEW contoh1
As SELECT ID_Karyawan, last_name
FROM Karyawan
WHERE STATUS ='K';

Dalam membuat suatu view ada pedoman yang harus diperhatikan, yaitu :
  1. Subquery yang mendefinisikan suati view dapat berisi statement SELECT yang kompleks termasuk joins tabel, group, dan subquery.
  2. Tentukan nama constrains, jika kita tidak menentukan nama constrains dengan WITH CHECK OPTION, maka system secara default memberikan nama dengan format SYS_Cn.
  3. Kita dapat menggunakan pilihan OR REPLACE untuk merubah view tanpa menghapus dan membuatnya lagi dari awal.

Untuk membuat operasi-operasi DML dalam view, ada beberapa aturan yang harus diperhatikan, diantaranya yaitu :
  • Kita dapat melakukan operasi DML jika view itu merupakan view sederhana
  • Kita tidak akan dapat menghapus suatu baris dalam view jika pada view tersebut mengandung statement berikut: GROUP FUNCTION, GROUP BY, Keyword DISTINCT, dan Keyword PSEUDOCOLOMN (Kolom Maya) Rownum
  • Tidak akan bisa memodifikasi suatu data jika view tersebut berisi GROUP FUNCTION, GROUP BY, Keyword DISTINCT, Keyword PSEUDOCOLOMN (Kolom Maya) Rownum dan kolom-kolom yang didefinisikan dengan ekspresi.
  • Tidak bisa menambah data pada suatu view jika view tersebut menyertakan GROUP FUNCTION, GROUP BY, Keyword DISTINCT, Keyword PSEUDOCOLOMN (Kolom Maya) Rownum, kolom-kolom yang didefinisikan dengan ekspresi dan kolom-kolom NOT NULL pada tabel induk yang tidak dipilih oleh view.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "View Pada SQL"

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, komentar yang tidak sopan, mengandung SARA dan saling menghujat tidak akan diterima :D