iklan banner

Proses Commit pada Oracle


COMMIT PROCESSING
Commit merupakan salah satu statement SQL yang digunakan untuk memastikan perubahan yang telah kita buat pada proses DML seperti insert, update dan delete. Proses commit terjadi secara otomatis jika kita melakukan statement DDL.


Tahapan COMMIT
  • Server process akan meletakkan perekaman commit yang panjangnya sama dengan SCN didalam redo-log buffer. SCN kependekan dari system-change-number yang dipergunakan oleh server oracle sebagai nomer stempel secara internal untuk mensinkronkan data dan untuk memperlengkapi sistem pembacaan secara konsisten jika data diambil dari data file.
  •   LGWR akan membentuk sistem penulisan secara berdampingan semua masukan pada redo-log-buffer hingga termasuk perekaman commit pada redo-log-buffer.
  •  Sesudah pada tahap ini, maka server Oracle menjamin bahwa perubahan tidak akan hilang ketika terjadi kegagalan sistem.
  •  Setelah tersimpan, Server-process akan merekam informasi untuk mengidentifikasikan bahwa transaksi telah selesai dengan lengkap dan penguncian terhadap resource dapat dibuka kembali.

Ø 




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Proses Commit pada Oracle"

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, komentar yang tidak sopan, mengandung SARA dan saling menghujat tidak akan diterima :D