iklan banner

Mengatasi Error "ora-01000 maximum open cursors exceeded solution"

Jika anda mengalami error ORA-01000, itu bisa dikarenakan karena Oracle yang anda gunakan telah meretrive data terlalu banyak (frekuensi penggunaan) dalam satu session.

Hal itu sering terjadi jika kita mengakses database melalui aplikasi hasil buatan kita. error ORA-01000 jarang ditemui ketika kita langsung menjalankan query lewat DBMS itu sendiri.

Setelah googling dan menjelajahi forum-forum Oracle, ternyata saya menemukan beberapa statement dari para master disana bahwa itu bisa dibilang BUG dari Oracle9i jika dijalankan atau diakses melalui sebuah aplikasi. Entah pernyataan ini benar atau tidak, saya pribadi belum mengetahui secara pasti karena banyak member pada forum tersebut mengatakan hal yang sama mengenai Error tersebut.

Setelah mencoba beberapa cara, akhirnya saya menemukan salah satu cara untuk mengatasi Error ORA-01000 tersebut, yaitu dengan cara menutup session yang ada dan membukanya kembali pada suatu proses tertentu (Dalam hal ini proses yang bersangkutan yang menyebabkan error).

Saya menggunakan VB. NET.
conn.close()
conn.open()

jadi intinya adalah menutup session dan membukanya kembali untuk mencegah agar error tersebut teratasi.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Mengatasi Error "ora-01000 maximum open cursors exceeded solution""

  1. saya mau tanya saya baru belajar vb.net ketika saya run keluar eror yang menuju ke tulisan conn.open..itu maksudnya gmn ya..

    ReplyDelete
  2. saya lagi buat project nech..pengennya saya buat form input data dan datagridnya tuch terpisah…
    misal saya input data di form1,stelah disave nanti data yang diinputkan langsung muncul di form2..
    kira2 caranya gmn ya..tolong penjelasany..

    ReplyDelete
  3. Kalo masalah error conn.open, itu ada beberapa kemungkinan, nah coba sorot informasi errornya...
    kemungkinannya misalnya seperti berikut :
    1. koneksi string salah
    2. Service dari database mati
    3. koneksi sudah di conn.open sebelumnya, jadi jika diopen lagi maka error lagi.

    ReplyDelete
  4. kalo ingin menampilkan form yang kedua dengan berisi datanya, itu mudah saja...

    setelah anda menyimpan data dari form satu, kemudian panggil form 2, misalnya..

    form2.show()
    form1.close()

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, komentar yang tidak sopan, mengandung SARA dan saling menghujat tidak akan diterima :D