iklan banner

Yang dibutuhkan Untuk Menginstal Prestashop

Sebelum memulai untuk menginstall atau menggunakan Prestashop ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan atau perhatikan yaitu apa saja yang dibutuhkan agar Prestahop dapat berjalan dengan baik. Apa itu Prestashop? Prestashop adalah Content Management System (CMS) yang berfokus atau digunakan untuk membuat toko online. Prestashop ini pada dasarnya mirip dengan CMS lain seperti WordPress, Joomla, dan lain sebagainya. Bedanya Prestashop dikhususkan untuk ecommerce. Berikut adalah beberapa kebutuhan yang harus dipersiapkan untuk menginstall Prestashop untuk toko online anda.

Kebutuhan System

  • CMS Prestashop ini dapat berjalan di sistem operasi Windows, Mac dan Linux.
  • Web Server yang dapat digunakan untuk Prestashop diantaranya sebagai berikut : Apache 1.3, Apache 2.x, Nginx dan Microsoft IIS. Anda dapat menginstall XAMPP atau WAMPP untuk menginstall web server secara lengkap dengan databasenya (MySQL).
  • PHP harus minimal PHP 5.2x.
  • Database yang digunakan minimal harus MySQL 5.0 keatas.
Setelah kebutuhan sistem sudah terpenuhi, ada beberapa konfigurasi yang harus dipastikan sudah memenuhi kebutuhan untuk menjalankan prestashop, diantaranya yaitu sebagai berikut.

Konfigurasi di php.ini

Pastikan allow_url_fopen sudah bernilai On.

Pastikan register_globals sudah bernilai Off.
Pastikan magic_quotes_* sudah bernilai off.

Pastikan safe_mode sudah bernilai Off.
Pastikan perbesar  upload_max_filesize minimal 16MB.

Pastikan extensions DO_MySQL, cURL, GD, OpenSSL, DOM, SOAP sudah diaktifkan. (Hilangkan tanda titik koma didepan extensions tersebut)
Setelah kebutuhan sistem untuk Prestashop sudah terpenuhi maka kita dapat memulai instalasi CMS ecommerce prestashop baik secara lokal maupun pada web server. Biasanya untuk web server atau web hosting konfigurasi tersebut sudah otomatis, jika anda membuat sendiri web server untuk prestashop maka konfigurasi diatas harus terpenuhi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yang dibutuhkan Untuk Menginstal Prestashop"

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, komentar yang tidak sopan, mengandung SARA dan saling menghujat tidak akan diterima :D