iklan banner

Mengatasi Error "Windows Detected A Hard Disk Problem"

Pernahkah anda mengalami error “Windows detected a hard disk problem” saat melakukan aktivitas pada laptop atau komputer anda ? Jangan kuatir, masalah ini dapat kita atasi dengan beberapa konfigurasi sederhana. Error ini sebenarnya sangat mengganggu dan membuat kita khawatir akan kondisi hard disk kita. Ketika Error Windows detected a hard disk problem, kita dapat memilih untuk “Ask me again later” atau hanya lansung mengklik button close. Pilihan tersebut sebenarnya sama saja mengingat error tersebut akan muncul lagi dan lagi.

Cara mengatasi error "Windows detected a hard disk problem"

  1. Run, Ketikkan gpedit.msc
  2. Administrative Tools -> System -> Troubleshooting and Diagnostic
  3. Pilih Disk Diagnostic
  4. Pilih Disk Diagnostic : Configure execution Level
  5. Ketika window muncul, ubah pilihan dari Not Configured menjadi Enabled.
  6. Apply dan restart komputer anda.
  7. Ulangi langkah 1 sampai dengan langkah 4.
  8. Ubah pilihan dari Enabled menjadi Disabled.
  9. Restart kembali komputer anda dan error tidak akan muncul kembali.

SANGAT DISARANKAN UNTUK MEMBACKUP DATA ANDA KARENA BISA JADI ADA INDIKASI HARD DISK ANDA SEDANG BERMASALAH

 
Penjelasan tentang cara mengatasi error “Windows detected a hard disk problem”

Pertama, kita harus masuk dalam Local Group Policy Editor. Langkahnya dapa anda lakukan dengan menggunakan fungsi Run pada windows, yaitu Windows + R. Setelah muncul window run, ketikkan gpedit.msc.



 Pilih Administrative Templates, kemudian pilih System. Setelah memilih menu System, anda akan dihadapkan pada banyak pilihan menu untuk setting. Cari menu Troubleshooting and Diagnostics, kemudian pilih menu tersebut. Dalam menu Troubleshooting and Diagnostics, anda dapat mencari menu Disk Diagnostic. Setelah itu pilih Disk Diagnostic : Configure execution level.


Ketika anda memilih menu Disk Diagnostic : Configure execution level, akan muncul window baru dan disinilah kita akan mengubah konfigarasi tersebut. Pertama-tama ubah dari Not Configured menjadi Enabled, pilih Apply and Ok.

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, restart komputer anda dan ulangi lagi dari langkah pertama, tapi kali ini ketika pada window Disk Diagnostic : Configure execution level, ubah pilihan anda dari Enabled menjadi Disabled. Kemudian pilih apply dan restart kembali Komputer anda.


Demikian cara untuk mengatasi error “Windows detected a hard disk problem” semoga bermanfaat dan menyelesaikan permasalahan anda. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat video mengatasi error tersebut di bawah ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatasi Error "Windows Detected A Hard Disk Problem""

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, komentar yang tidak sopan, mengandung SARA dan saling menghujat tidak akan diterima :D