iklan banner

Tips Membeli iPhone Baru

Iphone merupakan smartphone yang diproduksi oleh Apple Inc., berbeda dengan smartphone lainnya yang menggunakan sistem operasi android, iphone menggunakan sistem operasi buatannya sendiri yang dikenal dengan iOS. Kali ini saya akan membagikan tips membeli iPhone baru (tips ini berguna bagi kalian yang membeli iPhone baru  garansi internasional, bukan garansi distributor seperti iBox). Membeli iPhone baru saat ini harus teliti karena saat ini mulai marak penipuan yang mengatakan bahwa iphone tersebut baru dan asli tapi kenyataannya iphone tersebut sudah pernah digunakan dan hanya dikemas ulang. Tapi tidak perlu khawatir, Apple telah menyediakan fitur di website resminya untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan melihat informasi dari website tersebut maka kita akan mengetahui produk apple kita itu asli dan benar-benar baru atau tidak.



Langka pertama yang perlu kita perhatikan adalah, tanyakan pada penjual apakah produknya baru atau tidak, barang refurbish atau tidak. Produk baru disini ada dua hal, yaitu baru yang belum diaktivasi atau yang biasa kita kenal dengan BNIB (Brand New In Box) atau baru yang sudah diaktivasi. Jika sudah diaktivasi, tanyakan sekali lagi alasan kenapa iphone tersebut sudah diaktivasi, karena bisa jadi alasan penjual melakukan aktivasi adalah agar lolos dari Bea Cukai. Untuk mengecek kebenaran jawaban dari penjual, anda bisa cek di website yang telah disediakan apple ini. Pada halaman website tersebut, anda dapat memasukkan nomor Serial number yang tercantum pada box bagian belakang dari iphone anda. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.


Setelah anda masukkan Serial Number dari iphone yang anda beli, akan keluar informasi mengenai iDevice anda. Jika iphone anda masih benar-benar baru maka akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini.

Tetapi jika iphone anda sudah pernah diaktivasi akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.


Pada gambar diatas, merupakan tampilan jika iphone anda sudah pernah diaktivasi sehingga akan muncul informasi kapan iphone itu diaktivasi dan kapan masa berakhirnya garansi iphone anda. Jika serial number yang anda masukkan muncul informasi seperti gambar diatas, maka iphone tersebut sudah pernah diaktivasi.

Perlu diperhatikan juga meskipun box iphone masih tersegel tapi harus tetap anda perhatikan box nya, box iphone yang asli dan masih belum tersegel sangat rapi, jika box itu sampai disegel ulang biasanya hasil segelnya sangat tidak rapi dan sangat terlihat jelas. Perhatikan perbedaan pada gambar dibawah ini.

Box Iphone Asli (Segel Rapi)





Box di segel ulang



Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah buatan mana sebenarnya iphone yang akan anda beli agar anda mengetahui kemana nantinya kita akan melakukan claim garansi dari iphone kita. Caranya cukup mudah, anda bisa mengecek dari part number yang ada dibelakang box iphone anda. Perhatikan 4 huruf terakhir dari nomor tersebut. Berikut daftar kode 4 huruf tersebut dan dari mana asalnya :

  • ZP/A : Singapore, Hongkong
  • PA/A : Indonesia
  • X/A : Australia
  • LL/A : Amerika
Masih banyak lagi, tapi untuk di Indonesia kebanyakan yang beredar hanya barang dari negara tersebut. Sekian tips dari saya semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan lewat komentar dibawah ini. Terima kasih…

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membeli iPhone Baru"

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, komentar yang tidak sopan, mengandung SARA dan saling menghujat tidak akan diterima :D