iklan banner

Pengenalan SAP

Pengenalan SAP – SAP merupakan sebuah software yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar baik di Indonesia maupun di internasional. Pasti diantara kita sering kali mendengar banyak perusahan besar seperti Sampoerna, Pertamina, Toyota Astra, United Tractor dan masih banyak lainnya telah menggunakan software SAP ini.


Apa sih sebenarnya SAP? SAP merupakan software ERP (Enterprise Resource Planning) yang berasal dari jerman yang saat ini bisa dikatakan software ERP nomor satu di dunia. SAP mempunyai kepanjangan System Application and Product in data processing. Secara umum SAP mempunyai fungsi sebagai pendukung suatu organisasi atau perusahaan dalam bidang sistem informasi dan teknologi informasi untuk menjalankan kegiatan dan proses bisnisnya secara efektif dan efisien.

Pengenalan SAP

Dengan menggunakan SAP sebuah perusahaan mampu mengintegrasikan seluruh sistem yang ada karena Sistem SAP pada perusahaan mendukung banyak sekali bidang usaha. Jadi software SAP ini dapat digunakan oleh semua bidang usaha perusahaan. SAP terdiri dari beberapa modul yang saling terintegrasi. Modul tersebut antara lain sebagai berikut :


Modul – Modul SAP

FICO (Financial & Controlling)
Modul ini berkaitan dengan accounting dan cost controlling dalam proses bisnis. Modul ini sudah mengikuti standard akuntansi internasional.

MM (Material Management)
Modul ini mencakup proses pembelian atau procurement dan managemen inventori.

PM (Plant Management)
Modul ini berkaitan dengan managemen perbaikan sistem secara teknis dan administrasi perusahaan.

SD (Sales and Distribution)
Modul ini mencakup kegiatan operasional dalam customer order seperti proses sales order, shipping dan juga billing.

WM (Warehouse Management)
Modul ini berkaitan dengan operasional yang berkaitan dengan managemen inventori yang ada didalam warehouse.

PP (Production Planning)
Modul ini mencakup proses perencanaan dan kontrol dalam proses produksi.

QM (Quality Management)
Seperti namanya modul ini mencakup proses dalam memperhatikan kualitas suatu produk yang dihasilkan.

HR (Human Resource)
Modul ini berkaitan dengan hal yang berhubungan dengan sumber daya manusia yang ada pada perusahaan yaitu berkaitan dengan karyawan sampai dengan proses penggajian karyawan.

PS (Project System)
Modul ini membantu dalam pengelolaan project sampai tahap akhir, yaitu mulai dari perencanaan, pengendalian dan penyelesaian dari project.

Software SAP sendiri terbagi menjadi dua produk, yaitu SAP Business One dan SAP R/3. Perbedaan antara SAP Business One dan SAP R/3 adalah pada cakupannya. SAP Business One merupakan versi mini dari SAP R/3 karena SAP Business One ini biasanya digunakan oleh perusahaan kelas menengah. Sedangkan SAP R/3 merupakan versi SAP yang lengkap dan banyak digunakan oleh perusahan besar. Sama halnya juga dengan software ERP milik Microsoft yaitu Microsoft Dynamics AX yang mempunyai versi mininya yaitu Microsoft Dynamics GP.

Jika anda ingin berkarir dalam bidang yang berkaitan dengan SAP System, maka ada beberapa pilihan karir diantaranya yaitu sebagai ABAPER, Basis, Functional atau System Analyst. ABAPER merupakan istilah yang diberikan oleh programmer dalam bidang SAP karena bahasa pemrograman pada SAP adalah ABAP. Basis merupakan profesi yang bertugas untuk melakukan konfigurasi dan controlling sistem SAP baik itu jaringan ataupun database dari SAP. Sedangkan functional atau system analyst ini bertugas sebagai analisa sistem yang akan dibutuhkan oleh ABAPER. SAP sendiri memberikan sertifikasi SAP pada orang-orang yang mempunyai keahlian khusus atau benar-benar sudah memahami sistem dari SAP.

Keuntungan Menggunakan SAP

  1. Proses integrasi antar modul dapat dilakukan dengan cepat dan secara real time
  2. Pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan lebih cepat
  3. Mencegah adanya data ganda
  4. Adanya transparansi data antar modul
  5. Kecepatan dalam impementasi
  6. Akses report menjadi lebih cepat dan akurat
  7. Memungkinkan dilakukan customize dari segi sistem sesuai dengan kebutuhan perusahaan

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Pengenalan SAP"

  1. Kepanjangan dari SAP itu apa seh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuh.. jadi malu.. pakar SAP comment nih,
      Dari Wikipedia -> Systems, Applications & Products in Data Processing

      Delete

Silahkan berkomentar di bawah ini, komentar yang tidak sopan, mengandung SARA dan saling menghujat tidak akan diterima :D