iklan banner

Pengertian dan Manfaat NFC

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication. Pengertian NFC sendiri adalah sebuah teknologi terbaru yang digunakan untuk komunikasi dalam perpindahan data antar elektronik. Saat ini banyak kita temui teknologi NFC ini diberbagai smartphone atau HP yang beredar dipasaran, tetapi masih banyak dari kita yang belum mengetahui apa itu sebenarnya NFC dan apa manfaat atau kegunaannya. Kali ini saya akan mengulas sedikit tentang pengertian dan fungsi dari NFC.

NFC sendiri merupakan sebuah teknologi yang memanfaatkan atau menerapkan teknologi RFID (Radio Frequency Identification) yang menggunakan induksi medan magnet antar perangkat elektronik dalam jarak dekat. Perbedaan NFC dengan RFID sendiri adalah NFC memiliki jarak yang lebih dekat dari pada RFID sehingga untuk menggunakannya kita perlu untuk mendekatkan perangkat NFC kita dengan perangkat lain yang juga mempunyai fitur NFC.




Manfaat & Fungsi NFC

NFC sering kita temui di beberapa HP yang beredar dipasaran, tentunya NFC ini memungkinkan kita untuk bertukar informasi atau mengirim beberapa data seperti video, musik, gambar dan file lainnya. Cara menggunakannya cukup sederhana yaitu kita tinggal mendekatkan HP kita dengan HP yang akan kita komunikasikan. Sebenarnya fitur NFC ini lebih kepada pengembangan dari bluetooth dan infra merah, tetapi dengan adanya fitur NFC ini kita juga bisa menggunakannya sebagai media pembayaran sehingga kita tidak memerlukan lagi yang namanya kartu kredit. 

Namun sayangnya hal ini belum dapat diimplementasikan di negara Indonesia. Implementasi penggunaan NFC ini pertama kali diterapkan di negara Jepang dan Korea Selatan. Di negara tersebut pembayaran seperti kereta, listrik bahkan pembayaran untuk makanan di restoran pun sudah dapat menggunakan NFC. Ketika digunakan untuk pembayaran, perangkat NFC yang ada di HP akan didekatkan dengan perangkat pembayaran NFC lain seperti NFC-enabled payment terminal.





Bentuk dari NFC tidak selalu berupa smartphone atau HP melainkan dapat berupa banyak hal seperti mesin pembayaran NFC-enabled payment terminal, kartu ATM, kartu kredit, kartu identitas, kartu elektronik, gantungan kunci, gelang dan bahkan dalam bentuk sebuah stiker. Hal ini memungkinkan karena sebenarnya chip dari NFC sendiri sangat fleksibel dan dapat dibenamkan dalam beberapa bentuk.


Cara Kerja NFC

Cara kerja NFC cukup sederhana, dia bekerja dalam jangkauan radio. Cukup dekatkan perangkat maka kita sudah dapat menggunakan manfaatnya. NFC bekerja dalam sebuah frekuensi standard 13.56 MHz. NFC ini diperkirakan mempunyai transfer data yang aman dengan kisaran kecepatan antara 106 kbit/s, 212 kbit/s dan 424 kbit/s.

Demikian sedikit informasi yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat untuk kita semua. Jika anda berkenan silahkan subscribe dengan menginputkan email anda dibawah halaman ini agar selalu mendapatkan update dari artikel terbaru kami.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Manfaat NFC"

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, komentar yang tidak sopan, mengandung SARA dan saling menghujat tidak akan diterima :D