iklan banner

Tips Membeli iPhone Bekas atau iphone Second

iPhone memang masih menjadi handphone idaman banyak orang, produk apple satu ini dengan segudang fitur dan keunggulannya diincar oleh para pecinta gadget di dunia. Mengingat harganya yang melambung tinggi tersebut tidak dipungkiri masih banyak pengguna iphone yang ingin membeli iphone bekas atau second.

Iphone bekas atau second masih banyak diminati karena kualitas dari produk apple itu memang sangat tangguh, tapi tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut adalah tips dalam membeli iphone bekas atau iphone second dan apa saja yang harus dicek ketika kita membeli iphone bekas atau second.

Mengecek iCloud

Ada dua cara untuk mengecek icloud iphone yang akan anda beli, yang pertama melalui iphonenya secara langsung dan yang kedua melalui website icloud. Cara pertama, buka Setting kemudian pada bagian iCloud pastikan tidak ada account yang sedang login. Jika ada user yang sedang login pada iphone tersebut maka iphone tersebut akan nampak email dan nama account user yang sedang login. Berikut perbedaan icloud pada iphone yang dalam keadaan login icloudnya dan yang tidak.

iCloud dalam keadaan Login

iCloud belum login



Cara kedua dapat dilakukan pada website dengan link sebagai berikut :
https://www.icloud.com/activationlock/

Caranya adalah dengan melakukan pengecekan terhadap IMEI atau Serial Number dari iphone yang akan anda beli.

Website Check iCloud Status



Pada website diatas, masukkan Serial Number atau IMEI iphone tersebut dan kemdian pilih Continue. Lihat hasilnya, Jika hasilnya seperti gambar dibawah ini maka iphone tersebut masih dalam keadaan lock atau masih aktif icloud dari pemilik yang lama. Tujuan dari pengecekan ini adalah memastikan agar iphone yang akan anda beli tidak terikat pada account manapun dan dapat anda gunakan, karena iphone yang masih dalam keadaan terkunci pada account pemilik lama tidak akan bisa anda gunakan.

Mengecek Masa Garansi

Tidak bisa dipungkiri, masa garansi merupakan hal yang jadi pertimbangan penting dalam memilih iphone bekas atau second. Akan lebih aman jika iphone yang akan anda beli masih dalam masa garansi, jika iphone tersebut sudah habis masa berlakuknya pun anda tidak perlu khawatir asal kondisi masih bagus. Cara mengecek masa garansi iphone tersebut adalah dengan mengakses website berikut :
https://selfsolve.apple.com/agreementWarrantyDynamic.do


Masukkan serial number iphone tersebut, untuk mencari tahu berapa nomer serial number dari iphone anda adalah masuk menu setting, kemudian pilih general dan pilih about. Jika hasilnya seperti gambar dibawah ini, maka iphone tersebut masa garansinya sudah habis.

Jika masih dalam masa garansi, akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.


Ada hal penting lainnya mengenai garansi dari iphone yang akan anda beli, yaitu garansi distributor ataukah garansi internasional. Tanyakan pada penjual anda jika garansi internasional apakah bisa dibantu atau tidak dalam hal claim garansi ke negara tempat iphone itu dibeli.

Mengecek IMEI

Beberapa orang ada yang mengatakan mengecek IMEI ini dengan istilah “IMEI Tembus”, maksudnya adalah apakah IMEI dari iphone yang akan dibeli tersebut sama dengan IMEI yang ada di Box iphone. Caranya cukup sederhana, cek IMEI pada device iphone anda (setting – general – about) dan pada Box, jika sama berarti iphone tersebut memang pasangan dari Boxnya. Selain itu IMEI juga tercantum pada case bagian belakang dari iphone.

Mengecek Kondisi Fisik iPhone Bekas / Second

Setelah mengecek data dari iphone tersebut, saatnya anda mengecek kondisi fisiknya. Berikut beberapa hal yang harus anda cek ketika membeli iphone bekas atau second.

Tombol Power (On/Off)
Cek fungsi tombol power iphone bekas yang akan anda beli, jika tombol tersebut responsif maka iphone tersebut layak dibeli.

Tombol Volume Up/Down
Cek tombol volumenya, anda bisa mencoba sambil mendengarkan musik kemudian perbesar dan perkecil tombol volumenya.

Tombol Home
Tombol home ini merupakan yang wajib anda cek dari semua tombol yang ada di iphone, kebanyakan beberapa iphone bekas seringkali tombol homenya sudah tidak responsif atau rusak.

Tombol Mute (Switch Vibrator)
Tombol Mute atau switch vibrator yang baik adalah tombol mute yang enak atau nyaman ketika digunakan. Tekan sedikit tombol mute tersebut jika goyang maka sudah tidak dalam keadaan yang bagus.

Display
Layar / Display pada iphone perlu di cek untuk mengetahui dead pixel yang ada pada iphone. Gunakan website berikut untuk melakukan test dead pixel.

Touch Screen
Tahan icon sampai bergoyang, ambil dan tahan satu icon sampel, geser keseluruh bagian layar, jika icon tersebut terlepas maka ada bagian touch screen yang kurang responsif pada layar iphone tersebut.

Kamera dan Flash Light
Cek kamera iphone tersebut, cek autofokusnya jika berfungsi dengan baik, iphone tersebut layak untuk dibeli.

Microphone
Cek microphone iphone anda dengan melakukan rekaman pada voice memo, jika semuanya lancar, maka kondisi microphonenya (bagian bawah) dalam keadaan baik. Ingat ada dua microphone pada iphone yaitu bagian atas dan bagian bawah. Bagian atas dapat anda cek dengan merekam video.

Fingerprint
Jika iphone tersebut iphone 5s keatas, maka cek fingerprintnya, jika responnya bagus, maka kondisi fingerprint iphone tersebut bagus.

Signal cellular
Cek kondisi signal iphone tersebut, bandingkan dengan kondisi signal pada handphone lain, jika kondisinya bagus iphone tersebut dalam kondisi baik.

Signal Wifi
Matikan dan hidupkan beberapa kali wifi iphone tersebut, pastikan dapat menangkap signal wifi dengan cepat.

Kompas
Cek sensor iphone tersebut dengan membuka kompas, kemudian putar iphone tersebut, pastikan kompas dapat bekerja dengan baik.

Telepon, Prox Sensor, Earpiece dan Loud speaker
Gunakan iphone tersebut untuk menelepon teman anda, kemudian cek apakah layar mati saat anda gunakan untuk menelepon, jika iya kondisi prox sensor masih bagus, kemudian nyalakan loud speaker, pastikan berfungsi dengan baik.

Baterai
Sebenarnya agak susah untuk mengecek kondisi baterai jika dalam waktu dekat karena tidak ada kesempatan untuk menjalankan aplikasi dalam beberapa jam. Jalankan aplikasi kamera dengan menyalakan flash dan foto berkali-kali, jika penggunaan baterai memakan banyak, maka baterainya bisa dibilang tidak normal.

Mesin
Reboot iPhone, ketika logo apple muncul beberapa saat backlight meredup, kemudian langsung masuk menu (tanpa blank terlebih dahulu)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membeli iPhone Bekas atau iphone Second"

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, komentar yang tidak sopan, mengandung SARA dan saling menghujat tidak akan diterima :D