iklan banner

Cara Convert HTML ke PDF dengan DOMPDF

Cara membuat ( convert html ke pdf ) PDF dari file html dengan PHP sangatlah mudah. Kali saya akan membahas mengenai cara convert PDF dari file html dengan DomPdf. Apa itu dompdf ? dompdf merupakan konverter dari HTML ke file PDF. Cara menggunakannya cukup mudah, kita hanya memerlukan file html untuk otomatis dijadikan menjadi file pdf. Sebelum membahas tentang bagaimana caranya, sebaiknya saya jelaskan dulu tentang fitur dari DomPdf tersebut.

Fitur DomPdf (HTML to PDF Converter)

  • Mendukung beberapa fungsi CSS 2.1 dan CSS3 termasuk @import, @media dan @page.
  • Mendukung HTML 4.0
  • Mendukung HTML tabel yang kompleks.
  • Mendukung file gambar seperti gif, png, bmp dan jpeg
  • Mendukung syntaks php didalamnya.
Setelah sedikit pengenalan tentang DomPdf, sekarang saya akan menjelaskan cara sederhana menggunkan dompdf sehingga dapat membuat file pdf dari file html yang telah dibuat. Sebelumnya, download terlebih dahulu DomPdf. Anda dapat mendownload DomPdf (convert html ke pdf)  disini.
Kemudian letakkan file DomPdf yang telah didownload pada project atau aplikasi website anda. Jika sudah, kita buat file dengan nama index.php. Isi file index.php dengan code seperti dibawah ini.

Setelah selesai membuat kode diatas, buat lah file html yang akan di convert menjadi PDF. Pada kode diatas, terlihat bahwa file html atau php yang akan dijadikan menjadi file pdf adalah file_html.php. Maka buatlah file dengan nama file_html.php dan isi dengan kode sebagai berikut.


Setelah semua file sudah dibuat, susunan dari folder aplikasi anda harus seperti dibawah ini.


Sekarang anda sudah dapat membuat file pdf dengan html yang telah anda buat dengan mengakses file index.php. Sebagai catatan, jika didalam file_html.php terdapat syntax php yang berhubungan dengan database atau sebagai contoh “echo” maka anda perlu melakukan sedikit konfigurasi agar syntax html tersebut dapat terbaca oleh DomPdf.

Cara membuat DomPdf dapat mengkonversi atau membaca syntax PHP (PHP inline)

Buka file dompdf_config.inc.php yang terdapat pada folder dompdf. Setelah membukanya, cari kode “DOMPDF_ENABLE_PHP“. Kemudian ubah statusnya dari false menjadi true. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.


Gambar diatas merupakan kode yang sudah saya edit menjadi true, sebelumnya secara default dari dompdf sendiri bernilai false. Untuk mendownload keseluruhan file dari contoh diatas silahkan download disini.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di video dibawah ini, jangan lupa subscribe yaa… Thanks.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Convert HTML ke PDF dengan DOMPDF"

  1. kalau untuk file word ke pdf saya si biasanay menggunakan addons atau kalau ngga pke DoPDf (ini yang paling bgus)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini untuk pemrograman php sih mas.. bukan dari office

      Delete

Silahkan berkomentar di bawah ini, komentar yang tidak sopan, mengandung SARA dan saling menghujat tidak akan diterima :D