iklan banner

Tutorial Unzip atau Extract Zip File di PHP

Untuk melakukan extract file atau unzip file .zip pada website anda dengan php dapat dilakukan dengan mudah. Hal yang perlu diperhatikan untuk melakukan proses ini adalah hak akses dari file tersebut. Jika hak akses dari file .zip tersebut tidak memungkinkan maka proses unzip file .zip di php tidak mungkin dapat dilakukan. 

Contohnya untuk mengextract file dengan nama data.zip ke dalam folder hasil, maka hak akses dari data.zip haruslah dapat diakses/dibaca, sedangkan untuk folder hasil harus memiliki hak akses paling tidak dapat di isi atau write.

Untuk melakukan unzip atau extract file .zip di PHP adalah sebagai berikut :

Langkah Pertama, buatlah sebuah folder pada webserver anda, kali ini saya menggunakan XAMPP versi 1.7.7, yaitu file saya akan berada pada htdocs kemudian saya beri nama foldernya tutorial_unzip. Kemudian siapkan file yang berada pada folder tersebut seperti gambar dibawah ini.









Pada gambar diatas terlihat ada satu folder dengan nama hasil, kemudian ada file zip dengan nama data.zip dan satu file php dengan nama unzip.php. Fungsi dari folder hasil adalah untuk menampung hasil extract atau unzip dari file data.zip, sedangkan unzip.php merupakan code dimana kita akan melakukan proses extract atau unzip file data.zip.

Isikan file unzip.php dengan kode dibawah ini.


Setelah kode diatas berhasil ditambahkan, kemudian jalankan file tersebut pada browser anda.

Kemudian setelah dijalankan, hasil extract atau unzip file data.zip akan masuk pada folder hasil yang sudah kita sediakan tadi. Folder tersebut akan berisi file one.txt dan two.txt yang merupakan isi dari file data.zip.

Sekian tutorial extract atau unzip file .zip di PHP dari saya, semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas pada tutorial saya ini silahkan tanyakan langsung melalui komentar dibawah ini, dan jika berkenan silahkan LIKE Facebook Page dari Blog ini yang ada dibagian footer website. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Unzip atau Extract Zip File di PHP"

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, komentar yang tidak sopan, mengandung SARA dan saling menghujat tidak akan diterima :D